Pengaruh media Pembelajaran “Clock Corner” terhadap hasil belajar pada pelajaran Bahasa Arab siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tegalrejo Magelang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4409Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap media pembelajaran “Clock Corner” dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VII di MTs Tegalrejo Magelang dan untuk mengetahui adakah pengaruh dalam penerapan media pembelajaran “Clock Corner” dalam pembelajaran bahasa Arab kepada siswa kelas VII di di MTs Tegalrejo Magelang. Metode yang digunakan ialah Metode Kuantitatif dengan eksperimen semu. Dengan mengambil sampel dengan teknik nonprobability sampling dan Teknik purposive sampling. Populasi yang digunakan oleh peneliti berjumlah 206 siswa dan sampel berjumlah 67 siswa. Teknik yang digunakan dengan menggunakan dokumen tertulis, tes dan kuesioner. Setelah menganalisis data peneliti mendapatkan pengaruh terhadap media pembelajaran “Clock Corner” yang telah digunakan, dengan diperoleh hasil nilai rata – rata 95,73% untuk kelas eksperimen dan hasil nilai rata – rata 50,22% untuk kelas control, dari hasil tersebut terbukti bahwa ada perbedaan antara keduanya dan hasil kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas control dengan selisih nilai 45,51%, sehingga telah terbukti peran media ini cukup berpengaruh.Downloads
Published
2022-05-29
How to Cite
Hidayat, R. ., & Khofifah, A. N. . (2022). Pengaruh media Pembelajaran “Clock Corner” terhadap hasil belajar pada pelajaran Bahasa Arab siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tegalrejo Magelang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 641–649. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4409
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rahmat Hidayat, Aulia Nur Khofifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).