Mengembangkan E-Komik sebagai Media Pembelajaran pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Muatan IPS untuk Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4397Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran Model pengembangan yaitu ADDIE (Analize, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan rancang bangun media e-komik (2) Mengetahui kelayakan media e-komik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner/angket. Uji coba produk dilakukan oleh beberapa ahli dan peserta didik yang meliputi : (1) uji rancang bangun (2) ahli isi mata pelajaran, (3) ahli desain pembelajaran, (4) ahli media pembelajaran, (5) uji coba perorangan (3 orang siswa), (6) uji coba kelompok kecil (9 orang siswa). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil kuisioner uji rancang bangun menyatakan rancang bangun media e-komik sudah sesuai dengan tahapan analisis model pengembangan ADDIE, berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan tingkat persentase kelayakan media pembelajaran e-komik menurut ahli isi mata pelajaran sebesar 93%, tingkat persentase kelayakan media pembelajaran e-komik menurut ahli desain pembelajaran sebesar 94%, menurut ahli media pembelajaran sebesar 92,5%, pada uji perorangan tingkat persentase kelayakan media e-komik sebesar 92,5%, dan pada uji coba kelompok kecil persentase kelayakan media e-komik sebesar 94,44 dengan keseluruhan berkualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini menyatakan bahwa media e-komik layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada materi jenis-jenis pekerjaan muatan IPS untuk siswa kelas IV di SD Negeri Dauh Peken Tabanan.Downloads
Published
2022-05-27
How to Cite
I Gusti Putu Agung Artika Sedana, Ni Nyoman Ganing, & Maria Goreti Rini Kristiantari. (2022). Mengembangkan E-Komik sebagai Media Pembelajaran pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Muatan IPS untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 610–621. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4397
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 I Gusti Putu Agung Artika Sedana, Ni Nyoman Ganing, Maria Goreti Rini Kristiantari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).