Jejak Langkah Pendidikan Masa Kolonial dari Muka Volkschool

Authors

  • Regina Permatadewi Tantiany Gunawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Een Suhaeni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4394

Abstract

pendidikan tersebut. Dimulai dengan adanya Masa Pra–Aksara, Masa Hindu – Buddha, Masa Islam menujulah terhadap Masa Kolonial itu sendiri. Disinilah keberadaan pendidikan pun terbilang cukup banyak didalam peninggalan–peninggalannya yang akan membawakan suatu pondasi keterangan dari penerapan sistem pendidikan tersebut yang berhadapan dengan arus keberadaan situasi dan kondisi sebagai penunjangnya. Hal ini pula yang akan membawakan suatu jejak peradaban yang membawakan suatu penelitian terhadap keberadaan Volkschool itu sendiri sebagai peran dari salah satu sekolah baru yang didirikan pasca adanya Sekolah Angka Satu dengan Sekolah Angka Dua. Pengembangan manajemen pendidikan pula yang didasarkan atas kurikulum, pendidik, fasilitas pendukung, inspeksi dan keadaan peserta didik inilah yang akan terkupas satu per satu sebagai bentuk dukungan perkuatan dari keberadaan Volkschool ini sendiri.  

Downloads

Published

2022-05-26

How to Cite

Tantiany Gunawan, R. P. ., & Suhaeni, E. . (2022). Jejak Langkah Pendidikan Masa Kolonial dari Muka Volkschool. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 599–609. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4394