Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Dicovery Learning Pada Muatan IPA Kelas 4 Sekolah Dasar

Authors

  • I Kadek Agus Gunawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4392

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Rancang bangun video pembelajaran berbasis discovery learning pada muatan IPA materi manfaat energi bagi siswa kelas 4 SD Negeri 1 Keliki. (2) Untuk mengetahui validitas video pembalajaran berbasis discovery learning pada muatan IPA materi manfaat energi dari sisi isi, desain, dan video oleh para ahli dan para pengguna atau bagi siswa kelas 4 SD Negeri 1 Keliki. Dalam penelitian ini Model ADDIE dijadikan pedoman dalam pengembangan ini. Adapun tahapan model ADDIE meliputi (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaliation). Subjek pada penelitian ini adalah ahli desain, ahli isi, ahli media dan siswa sedangkan objek dalam penelitian ini adalah video pembelajaran berbasis discovery learning pada muatan IPA materi manfaat energi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, kuisioner/angket dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.  Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh rata-rata skor validitas video pembelajaran berbasis discovery learning ini dapat ditentukan berdasarkan hasil evaluasi dari (1) rancang bangun video pembelajaran berbasis Discovery learning sudah sesuai dengan tahapan analisis model pengembangan ADDIE. (2) Uji Ahli Isi Pembelajaran, yang memperoleh hasil persentase 90.09% dengan kualifikasi sangat baik, (3) Uji Ahli Desain Pembelajaran yang memperoleh hasil persentase 100% dengan kualifikasi baik, (4) Uji Ahli Media Pembelajaran, Yang memperoleh persentase 88,33% dengan kualifikasi  baik, Dan uji terhadap siswa yang diantaranya (5) Uji Coba Perorangan yang memperoleh hasil persentase 90,72% dengan kualifikasi sangat baik dan (6) Uji Coba Kelompok Kecil yang memperoleh persentase 93,18% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis discovery learning layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2022-05-26

How to Cite

Gunawan, I. K. A. ., & Ngurah Wiyasa, I. K. . (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Dicovery Learning Pada Muatan IPA Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 592–598. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4392