Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik

Authors

  • Marina Selfia Monika Universitas Jambi
  • Sonya Arvita Sari Universitas Jambi
  • Syahrial Syahrial Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4382

Abstract

Pendekatan pembelajaran tematik dalam IPS sering disebut dengan pendekatan interdisipliner. Model pembelajaran tematik pada hakikatnya merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip secara holistik dan otentik. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu?ilmu sosial seperti:sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya. Ilmu Pengetahuan Sosial dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena sosial yang mewujudkan satu pendekatan interdisipliner dari aspek dan cabang?cabang ilmu?ilmu sosial (sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya). IPS atau studi sosial itu merupakan bagian dari kurikulum sekolah yang diturunkan dari isi materi cabang?cabang ilmu?ilmu sosial: sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, antropologi, filsafat, dan psikologi sosial. Sejalan dengan konsep tersebut, pembelajaran tematik dalam IPS adalah model pembelajaran yang pengembangannya dimulai dengan menentukan topik tertentu sebagai tema atau topik sentral, setelah tema ditetapkan maka selanjutnya tema itu dijadikan dasar untuk menentukan dasar sub?sub tema dari bidang studi lain yang terkait.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Monika, . M. S. ., Sari, S. A. ., Syahrial, S., & Noviyanti, S. . (2022). Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 565–574. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4382

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6