Hubungan Penyesuaian Diri Dan Kontrol Diri Dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4378Abstract
Setiap individu mengalami proses belajar sepanjang hayat, perguruan merupakan salah satu tempat individu menjalani proses pembelajaran secara formal yang merupakan lingkungan dan suasana baru bagi mahasiswa semester pertama memasuki perguruan tinggi, mahasiswa dituntut mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan proses pembelajaran yang berbeda dengan yang pernah dilalui ketika sekolah menengah. Selain penyesuaian diri mahasiswa juga dituntut memiliki kontrol diri yang baik untuk memiliki motivasi berprestasi dalam menyelesaikan pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji hubungan penyesuaian diri dengan motivasi berprestasi mahasiswa (2) menguji hubungan kontrol diri dengan motivasi berprestasi mahasiswa (3) menguji penyesuaian diri dan kontrol diri secara bersama-sama memiliki hubungan dengan motivasi berprestasi mahasiswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian korelasional, populasi pada penelitian ini mahasiswa bimbingan dan konseling STKIP Budi Daya Binjai dengan sampel sebesar 90 mahasiswa. Adapun instrumen yang digunakan menggunakan model skala likert dengan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini yaitu: (1) terdapat hubungan penyesuaian diri dengan motivasi berprestasi mahasiswa dengan nilai R sebesar 0.476, (2) terdapat hubungan kontrol diri dengan motivasi berprestasi mahasiswa dengan nilai R sebesar 0.643, (3) terdapat hubungan penyesuaian diri dan kontrol diri dengan motivasi berprestasi mahasiswa dengan nilai R sebesar 0.681. Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Kontrol Diri, Motivasi Berprestasi.Downloads
Published
2022-05-25
How to Cite
Hayati, R., Lubis, W. U., & Harahap, J. Y. . (2022). Hubungan Penyesuaian Diri Dan Kontrol Diri Dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 586–591. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4378
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rini Hayati, Widya Utami Lubis, Juli Yanti Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).