Hubungan Penyesuaian Diri Dan Kontrol Diri Dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa

Authors

  • Rini Hayati Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Widya Utami Lubis Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Juli Yanti Harahap Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4378

Abstract

Setiap individu mengalami proses belajar sepanjang hayat, perguruan merupakan salah satu tempat individu menjalani proses pembelajaran secara formal yang merupakan lingkungan dan suasana baru bagi mahasiswa semester pertama memasuki perguruan tinggi, mahasiswa dituntut mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan proses pembelajaran yang berbeda dengan yang pernah dilalui ketika sekolah menengah. Selain penyesuaian diri mahasiswa juga dituntut memiliki kontrol diri yang baik untuk memiliki  motivasi berprestasi dalam menyelesaikan pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji hubungan penyesuaian diri dengan motivasi berprestasi mahasiswa (2) menguji hubungan kontrol diri dengan motivasi berprestasi mahasiswa (3) menguji penyesuaian diri dan kontrol diri secara bersama-sama memiliki hubungan dengan motivasi berprestasi mahasiswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian korelasional, populasi pada penelitian ini mahasiswa bimbingan dan konseling STKIP Budi Daya Binjai dengan sampel sebesar 90 mahasiswa. Adapun instrumen yang digunakan menggunakan model skala likert dengan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini yaitu: (1) terdapat hubungan penyesuaian diri dengan motivasi berprestasi mahasiswa dengan nilai R sebesar 0.476, (2) terdapat hubungan kontrol diri dengan motivasi berprestasi mahasiswa dengan nilai R sebesar 0.643,  (3) terdapat hubungan penyesuaian diri dan kontrol diri dengan motivasi berprestasi mahasiswa dengan nilai R sebesar 0.681. Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Kontrol Diri, Motivasi Berprestasi.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Hayati, R., Lubis, W. U., & Harahap, J. Y. . (2022). Hubungan Penyesuaian Diri Dan Kontrol Diri Dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 586–591. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4378