Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Berbasis Teks Dalam Kurikulum 2013

Authors

  • Ahmad Farhan Alisnaini Universitas Jambi
  • Fizna Syahira Universitas Jambi
  • Vera Ariyani Universitas Jambi
  • Syahrial Syahrial Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4322

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 adalah pembelajaran berbasis teks. Teks merupakan ungkapan pikiran manusia yang lengkap yang di dalamnya memiliki situasi dan konteks. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan model yang sesuai. Ketercapaian KD dalam kelompok KI: 1 dan 2 ditentukan oleh ketercapaian KD dalam kelompok KI: 3 dan 4. Bahasa hendaknya dipandang sebagai teks, bukan semata-mata kumpulan kata atau kaidah kebahasaan. Bahasa bersifat fungsional, artinya penggunaan  bahasa yang tidak pernah dapat dipisahkan dari konteks, karena bentuk bahasa yang digunakan mencerminkan ide, sikap, nilai dan ideologi pemakai/penggunanya.

Downloads

Published

2022-05-20

How to Cite

Alisnaini, A. F., Syahira, F. ., Ariyani, V. ., Syahrial, S., & Noviyanti, S. . (2022). Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Berbasis Teks Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 387–393. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4322

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6