Flipbook sebagai Media Pembelajaran Fleksibel pada Muatan IPA Materi Daur Hidup Hewan untuk Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Elizabeth Putu Tania Yuliawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4250

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya variasi media pembelajaran yang dimiliki oleh guru khususnya pada mata pelajaran IPA. Penelitian bertujuan untuk mengecek (1) rancang bangun flipbook dan (2) kelayakan flipbook pada mata pelajaran IPA kelas IV SD. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dari penelitian ini yaitu ahli isi mata pelajaran, desain, media, dan siswa kelas IV SD.  Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil kuesioner uji rancang bangun menyatakan rancang bangun media flipbook sudah sesuai dengan tahapan model pengembangan ADDIE. Berdasarkan hasil validasi produk Flipbook oleh ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 93,33%, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 92,5%, ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 93,75%, uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 91,66%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase skor 90,97% dengan keseluruhan berkualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa media flipbook pada mata pelajaran IPA layak untuk digunakan di kelas IV SD.

Downloads

Published

2022-05-13

How to Cite

Elizabeth Putu Tania Yuliawati, Ida Bagus Gede Surya Abadi, & Ni Wayan Suniasih. (2022). Flipbook sebagai Media Pembelajaran Fleksibel pada Muatan IPA Materi Daur Hidup Hewan untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 95–105. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4250