Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Muatan IPA Materi Siklus Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Ni Made Putri Ayu Widari Universitas Pendidikan Ganesha
  • D.B.Kt.Ngr. Semara Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4220

Abstract

Penelitian pengembangan dilaksanakan berdasarkan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-komik berbasis pendekatan konstruktivisme pada muatan IPA materi siklus hidup hewan kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Uji produk dilakukan oleh para ahli dan siswa yang meliputi: ahli isi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun media pembelajaran e-komik berbasis konstruktivisme mengacu pada model ADDIE dengan mengembangkan komponen media yang meliputi teks, gambar dan percakapan antar tokoh. (2) kelayakan media pembelajaran e-komik berbasis kontruktivisme berdasarkan oleh ahli isi memperoleh persentase sebesar 97,91%, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90,62%, ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90%, uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 94,66% dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 95,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan berkualifikasi sangat baik sehingga media pembelajaran e-komik berbasis pendekatan konstruktivisme layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Widari, N. M. P. A., & Putra, . D. S. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Muatan IPA Materi Siklus Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 518–526. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4220