Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Muatan IPA Materi Siklus Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4220Abstract
Penelitian pengembangan dilaksanakan berdasarkan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-komik berbasis pendekatan konstruktivisme pada muatan IPA materi siklus hidup hewan kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Uji produk dilakukan oleh para ahli dan siswa yang meliputi: ahli isi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun media pembelajaran e-komik berbasis konstruktivisme mengacu pada model ADDIE dengan mengembangkan komponen media yang meliputi teks, gambar dan percakapan antar tokoh. (2) kelayakan media pembelajaran e-komik berbasis kontruktivisme berdasarkan oleh ahli isi memperoleh persentase sebesar 97,91%, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90,62%, ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90%, uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 94,66% dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 95,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan berkualifikasi sangat baik sehingga media pembelajaran e-komik berbasis pendekatan konstruktivisme layak digunakan dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-04-30
How to Cite
Widari, N. M. P. A., & Putra, . D. S. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Muatan IPA Materi Siklus Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 518–526. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4220
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ni Made Putri Ayu Widari, D.B.Kt.Ngr. Semara Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).