Pengembangan Media Flip Book Digital Berbasis Discovery Learning Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4175Abstract
Kurangnya variasi media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media flip book digital berbasis discovery learning dengan materi sistem pencernaan manusia, (2) mengetahui kelayakan media flip book digital berbasis discovery learning dengan materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji coba produk, diperoleh hasil uji ahli materi pembelajaran sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 96,66% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil sebesar 91,38% dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa media flip book digital berbasis discovery learning materi sistem pencernaan manusia layak digunakan dalam proses pembelajaran kelas V Sekolah Dasar.Downloads
Published
2022-04-27
How to Cite
Diah Utami Purnamadewi, & I Komang Ngurah Wiyasa. (2022). Pengembangan Media Flip Book Digital Berbasis Discovery Learning Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 490–495. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4175
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Diah Utami Purnamadewi, I Komang Ngurah Wiyasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).