Pengembangan Media Flip Book Digital Berbasis Discovery Learning Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Diah Utami Purnamadewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4175

Abstract

Kurangnya variasi media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media flip book digital berbasis discovery learning dengan materi sistem pencernaan manusia, (2) mengetahui kelayakan media flip book digital berbasis discovery learning dengan materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji coba produk, diperoleh hasil uji ahli materi pembelajaran sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 96,66% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil sebesar 91,38% dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa media flip book digital berbasis discovery learning materi sistem pencernaan manusia layak digunakan dalam proses pembelajaran kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-04-27

How to Cite

Diah Utami Purnamadewi, & I Komang Ngurah Wiyasa. (2022). Pengembangan Media Flip Book Digital Berbasis Discovery Learning Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 490–495. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4175