Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Maria Enjelitha Sinaga Universitas Esa Unggul, Jakarta
  • Endang M Kurnianti Universitas Esa Unggul, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja berbasis komik pada mata pelajaran matematika. Peneliian pengembangan yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis komik pada mata pelajaran matematika dengan materi matematika. (2) Untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik pada pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis komik pada mata pelajaran matematika dengan materi matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan ialah model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Subyek penelitian ini adalah peserta didik dari SD Yadika 3 Tangerang. Data penelitian ini diperoleh dengan observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini berdasarkan validasi kepada para ahli yaitu ahli media, ahli bahasa dan ahli materi termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-ratanya adalah 87,6%. Angket juga diberikan kepada guru serta  peserta didik untuk mengetahui bagaimana respon  guru dan peserta didik pada pengembangan lembar kerja berbasis komik. Hasil penilaian guru terhadap lembar kerja memperoleh Presentase nilai 89% dan masuk kedalam kriteria “Sangat Baikâ€. Hasil uji coba produk dengan 3 peserta didik memperoleh persentase 83% dengan kategori “Sangat Baikâ€. Sementara itu pada tahapan selanjutnya ialah uji coba terbatas, pada uji coba terbatas ini dilakukan oleh 10 peserta didik . adapun hasil uji coba terbatas yang dilakukan dengan 10 peserta didik memperoleh hasil 87% dan masuk kedalam kategori “Sangat Baikâ€. Pada tahapan akhir ialah uji lapangan. Hasil penilaian angket uji lapangan dengan peserta didik masuk  kedalam  kategori sangat baik dengan persentase akhir 92%. Berdasarkan hasil yang telah dikembangkan oleh peneliti yang berjudul Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Komik pada Mata Pelajaran  Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar, disimpulkan bahwa lembar kerja berbasis komik yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Sinaga, M. E. ., & Kurnianti, E. M. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 394–405. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4128