Pengembangan Video Animasi Berbasis Model PBL sebagai Media Pembelajaran Muatan Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas V

Authors

  • Kadek Puspa Budhi Savitri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. B. Surya Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4070

Abstract

Penelitian berlatar belakang pada kesulitan guru dalam menyiapkan media pembelajaran dan kurangnya media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran khususnya pada muatan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran video animasi berbasis model PBL (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi berbasis model PBL. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji rancang produk dilakukan oleh ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, tiga orang siswa dalam uji coba perorangan dan sembilan orang siswa dalam uji coba kelompok kecil. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tingkat kelayakan keseluruhan berkategori sangat baik dengan persentase ahli isi mata pelajaran sebesar 90%, ahli desain pembelajaran sebesar 92,5% , ahli media pembelajaran sebesar 92,5%, uji coba perorangan sebesar 94% dan uji coba kelompok kecil sebesar 95%. Hasil akhir penelitian dapat menunjukan bahwa media pembelajaran video animasi berbasil model PBL materi pokok pikiran dalam teks pada muatan Bahasa Indonesia layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kelas V SD Negeri 1 Pandak Gede Tabanan.

Downloads

Published

2022-04-14

How to Cite

Budhi Savitri, K. P. ., & Manuaba, I. B. S. . (2022). Pengembangan Video Animasi Berbasis Model PBL sebagai Media Pembelajaran Muatan Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 344–354. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4070