Pengembangan Media Pembelajaran Spinner Word Berbasis Kontekstual Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar No. 9 Benoa Kabupaten Badung

Authors

  • Ni Kadek Ria Anggita Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.B. Surya Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4068

Abstract

 Penelitian pengembangan dilakukan untuk mengembangkan sebuah produk Media Pembelajaran Spinner Word. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun Media Pembelajaran Spinner Word pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III dan (2) mengetahui validitas Media Pembelajaran Spinner Word pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan diantaranya (analyze, design, development, implementation, evaluation). Penelitian terbatas sampai pada tahap uji coba perorangan, dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk melibatkan banyak siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian yaitu metode non tes dengan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan meliputi hasil (1) deskriptif proses pengembangan Media Pembelajaran Spinner Word. (2) Media Pembelajaran Spinner Word dinyatakan valid berdasarkan penilaian dari ahli isi pembelajaran memperoleh persentase sebesar (90,90%) dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar (85%) dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar (90,62%) dengan kualifikasi sangat baik dan penilaian siswa melalui uji coba perorangan dengan tiga orang siswa memperoleh persentase sebesar (91,66%) dengan  kualifikasi sangat baik. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Spinner Word pada Muatan Bahasa Indonesia valid digunakan pada proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-04-12

How to Cite

Anggita Sari, N. K. R. ., & Manuaba, I. S. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Spinner Word Berbasis Kontekstual Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar No. 9 Benoa Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 310–315. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4068