Survei Kualitas Pembelajaran dan Kepuasan Belajar Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4067Abstract
Kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat untuk menekan laju penularan COVID-19 yang dirasakan bagi dunia pendidikan khususnya bagi instansi perguruan tinggi yakni keluarnya melalui Surat Edaran No. 1 Tahun 2020 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pemerintah (Kemendikbud) melalui Surat Edaran tersebut telah melarang perguruan tinggi untuk melaksanakan perkuliahan tatap muka (konvensional) dan memerintahkan untuk menyelenggarakan perkuliahan atau pembelajaran secara daring. Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi dosen dan mahasiswa yang harus siap menghadapai metode pembelajaran daring, mulai dari perkuliahan, bimbingan skripsi, sidang skripsi dan kegiatan kegiatan akademik lainnya dan metode pembelajaran daring akan terus dipilih sebagai metode yang paling aman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas pembelajaran dan kepuasan mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang dalam mengikuti dan melaksanakan pembelajaran daring selama pandemic COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan total sampel penelitian sebanyak 364 mahasiswa dari total populasi 7.136 mahasiswa aktif ganjil TA 2021-2022, proporsi sample tersebut didapatkan dengan menggunakan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Tenik analisis pada penelitian ini yaitu menggunakan survei dimana responden diberikan kuisioner yang berisi pertanyaan yang berkaitan dengan variable yang diteliti yaitu kualitas pembelajaran dan kepuasan belajar terhadap pembelajaran daring pada masa pandemic covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden yaitu 92% merasa puas terhadap atmosfer yang ada pada saat pembelajaran daring berlangsung dan 95% responden menunjukkan respon positif terhadap kualitas pembelajaran daring dilaksakanan.Downloads
Published
2022-04-16
How to Cite
Indrawan, I. G. A., Lutfi Hidayat, R. A. ., & Juitania, J. (2022). Survei Kualitas Pembelajaran dan Kepuasan Belajar Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 355–364. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4067
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 I Gede Adi Indrawan, Raden Ai Lutfi Hidayat, Juitania Juitania
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).