Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4038Abstract
Penelitian ini didasari kurangnya lembar kerja peserta didik untuk pembelajaran daring yang berakibat LKPD yang diberikan oleh guru kurang maksimal sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi sistem pencernaan manusia pada muatan IPA. Dalam pengerjaan LKPD peserta didik lambat mendapatkan umpan balik dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan LKPD interaktif berbasis problem based learning dan (2) mendeskripsikan kelayakan LKPD interaktif berbasis problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dilengkapi wawancara dan observasi kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan LKPD menunjukkan dalam uji kelayakan oleh ahli isi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 98,2%, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90% dan ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 91,2% yang keseluruhan berkualifikasi sangat baik. Selanjutnya dalam uji coba produk menunjukkan pada uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 97,67% dengan kualifikasi sangat baik dan uji kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 95,33% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD interaktif yang dikembangkan sangat baik dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: LKPD, PBL, Sistem Pencernaan ManusiaDownloads
Published
2022-04-01
How to Cite
Andriani Priyanti, N. P. R. ., & Surya Manuaba, I. B. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 260–268. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4038
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ni Putu Riska Andriani Priyanti, Ida Bagus Surya Manuaba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).