Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Berbasis Karakter Semangat Kebangsaan Muatan IPS Kelas V

Authors

  • Ni Kadek Citra Kusuma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4000

Abstract

Penelitian ini didasari atas belum tersedianya media pembelajaran aplikasi berbasis karakter semangat kebangsaan yang mengakibatkan menurunnya karakter semangat kebangsaan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran aplikasi berbasis karakter semangat kebangsaan pada materi peristiwa pembacaan teks proklamasi muatan IPS siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian dalam penelitian ini melibatkan 1 ahli isi mata pelajaran 1 ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran, uji perorangan serta uji kelompok kecil siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode non tes dalam pengumpulan datanya dengan instrument berupa lembar kuesioner dengan skala likert 4. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis dengan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Adapun hasil uji validasi produk oleh ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase skor 76,9% dengan kualifikasi baik. Validator ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 90% berada pada kategori sangat baik dan hasil validasi ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 80% dengan kualifikasi baik. Hasil uji coba perorangan memperoleh persentase skor 91,66% dengan kualifikasi sangat baik dan uji kelompok kecil memperoleh persentase skor 92,5% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut media pembelajaran aplikasi berbasis karakter semangat kebangsaan valid dan layak digunakan pada pembelajaran.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Ni Kadek Citra Kusuma Dewi, & I Gusti Agung Ayu Wulandari. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Berbasis Karakter Semangat Kebangsaan Muatan IPS Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 189–197. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4000