Pengembangan Aplikasi Media Belajar Mandiri (MBM) Untuk Siswa Kelas V SD Pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Nurfauzan Wahid Universitas PGRI Palembang
  • Sylvia Lara Syaflin Universitas PGRI Palembang
  • M. Taheri Akhbar Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3927

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menghasilkan aplikasi belajar MBM untuk siswa kelas  V SD pada pembelajaran IPA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE dengan pengimplementasian yang dikemukakan oleh Pribadi. ADDIE (Analysis-Design-Development-Implemtation-Evalutation) adalah model pengembangan berorientasi kelas. Pengembangan model ADDIE identik dengan pengembangan sistem pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi belajar MBM yang telah dihasilkan dalam penelitian ini dikategorikan sangat valid. Pada penelitian ini dihasilkan nilai kevalidan dari aspek media, materi, dan bahasa secara berturut-turut sebesar 97,68%, 89,33%, dan 91,11%. Selain itu aplikasi belajar MBM yang telah dihasilkan memiliki kepraktisan yang sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Nilai kepraktisan yang dihasilkan dalam penelitian ini sebesar 96,66%. Dari hasil kevalidan dan kepraktisan dapat disimpulkan bahwa aplikasi belajar MBM dapat digunakan untuk media pembelajaran di SD Negeri 75 Palembang.

Downloads

Published

2022-03-17

How to Cite

Nurfauzan Wahid, Sylvia Lara Syaflin, & M. Taheri Akhbar. (2022). Pengembangan Aplikasi Media Belajar Mandiri (MBM) Untuk Siswa Kelas V SD Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 105–110. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3927