Pengembangan Aplikasi Media Belajar Mandiri (MBM) Untuk Siswa Kelas V SD Pada Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3927Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menghasilkan aplikasi belajar MBM untuk siswa kelas V SD pada pembelajaran IPA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE dengan pengimplementasian yang dikemukakan oleh Pribadi. ADDIE (Analysis-Design-Development-Implemtation-Evalutation) adalah model pengembangan berorientasi kelas. Pengembangan model ADDIE identik dengan pengembangan sistem pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi belajar MBM yang telah dihasilkan dalam penelitian ini dikategorikan sangat valid. Pada penelitian ini dihasilkan nilai kevalidan dari aspek media, materi, dan bahasa secara berturut-turut sebesar 97,68%, 89,33%, dan 91,11%. Selain itu aplikasi belajar MBM yang telah dihasilkan memiliki kepraktisan yang sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Nilai kepraktisan yang dihasilkan dalam penelitian ini sebesar 96,66%. Dari hasil kevalidan dan kepraktisan dapat disimpulkan bahwa aplikasi belajar MBM dapat digunakan untuk media pembelajaran di SD Negeri 75 Palembang.Downloads
Published
2022-03-17
How to Cite
Nurfauzan Wahid, Sylvia Lara Syaflin, & M. Taheri Akhbar. (2022). Pengembangan Aplikasi Media Belajar Mandiri (MBM) Untuk Siswa Kelas V SD Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 105–110. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3927
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurfauzan Wahid, Sylvia Lara Syaflin, M. Taheri Akhbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).