Peran Konselor Profesional Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Abad 21

Authors

  • Muhamad Ayub Universitas Negeri Jakarta
  • Endah Nuryana Universitas Negeri Jakarta
  • Herdi Herdi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3852

Abstract

Kemajuan teknologi dalam beberapa dekade terakhir telah mengubah bingkai pendidikan dan meningkatkan peluang bagi para pendidik untuk merangkul teknologi demi kemajuan pembelajaran serta peningkatan produktifitas, apabila konselor professional yang tidak menguasai ilmu pengetahuan akan tercecer bahkan menjadi budak dari konselor yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Setiap profesi memiliki kode etik berupa perangkat regulasi perilaku bagi pengembangan profesi. Konselor profesional harus memiliki kompetensi  yang di wajibkan (Johnson, 2002)  menyatakan bahwa konselor masa depan memiliki paradigma berbasis pelayanan dan menguasai sistem diantaranya  : (1) program (2) pelayanan (3) isi (4) proses (5) prosedur (6) asesmen (7) diagnostik (8) evaluasi (9) paham akan teknologi untuk menunjang pelayanan bimbingan dan konseling. Penulis menulis beberapa hal mengenai artikel konseptual dengan menyajikan literatur berdasarkan hal yang relevan pada abad 21  artikel dengan metode literature riview bertujuan untuk menjaring wawasan koonselor profesional dengan adanya kreatifitas dan inovasi dalam menggunakan teknologi, konselor akan senantiasa memiliki ketentuan kopetensi profesional serta mendorong kebermanfaatan konselor agar terus bergerak mengikutu perkembangan teknologi. Kata Kunci : Konselor Profesional, Teknologi Informasi dan komunikasi, Abad 21

Downloads

Published

2022-03-09

How to Cite

Muhamad Ayub, Endah Nuryana, & Herdi Herdi. (2022). Peran Konselor Profesional Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Abad 21. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 53–62. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3852