Penerapan Metode Proper Discussion Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK Assulthoniyah Kota Probolinggo

Authors

  • Winda Susanti Wulandari Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Fitriyani Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Agustiarini Eka Dheasari Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3797

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengenali peningkatan minat belajar lewat metode proper discussion. Subjek dalam riset merupakan murid kelas XI sebanyak 36 siswa (25 putra dan 11 putri) SMK Assulthoniyah Kota Probolinggo. Hasil riset membuktikan kalau: penerapan metode proper discussion dilaksanakan dalam 3 tahapan ialah a). Langkah saat sebelum pertemuan. b). Langkah sepanjang pertemuan serta c) Langkah sehabis pertemuan. Kemudian saat sebelum peneliti melakukan riset di kelas. Peneliti terlebih dulu mengutip informasi murid kepada guru bidang studi Pendidikan Agama Islam selaku perbandingan hasil nilai belajar prasiklus, siklus I dan siklus II. Nilai yang dicapai murid kelas XI saat sebelum diaplikasikan metode proper discussion hanya 25% ini berarti masih di bawah batasan ketuntasan murid. Pada siklus I periset sudah mempraktikkan metode proper discussion nilai yang dicapai murid menggapai 42%. Pada siklus II nilai yang dicapai murid menggapai 86%. Hal ini sudah meyakinkan kalau dengan aplikasi metode proper discussion bisa meningkatkan minat belajar murid khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMK Assulthoniyah Kota Probolinggo.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Winda Susanti Wulandari, Fitriyani, & Agustiarini Eka Dheasari. (2022). Penerapan Metode Proper Discussion Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK Assulthoniyah Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 8–16. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3797