Efektivitas Penggunaan Media PECS untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Autis di SLB Negeri 1 Gianyar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3789Abstract
Anak autis dikarakteristikan dengan kesulitan dalam berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media PECS untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak autis di SLB Negeri 1 Gianyar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Sample dalam penelitian ini adalah siswa tipe C autis Kelas III di SLB Negeri 1 Gianyar yang terdiri dari 23 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan istrumen yang berbentuk instruksi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan menerapkan gain skor. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata Gain pada kelas eksperimen sebesar 62,29% dan nilai tersebut berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-Gain termasuk dalam kategori cukup efektif. Sedangkan nilai rata-rata Gain pada kelas kontrol sebesar 53,17% dan nilai tersebut berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-Gain termasuk dalam kategori kurang efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi media PECS cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak autis di SLB Negeri 1 Gianyar.Downloads
Published
2022-03-01
How to Cite
Dewi Juniayanti, & I Komang Dedik Susila. (2022). Efektivitas Penggunaan Media PECS untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Autis di SLB Negeri 1 Gianyar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3789
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dewi Juniayanti, I Komang Dedik Susila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).