Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Metode Diskusi Di MA Manbaul Hikam Tegalmojo Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3757Abstract
Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baru sebagai pengalaman dalam interaksinya dengan lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak di MA Manbaul Hikam melalui penerapan model pembelajaran Diskusi. Akidah akhlak merupakan pondasi atau dasar yang punya peranan penting dalam membentuk kepribadian masing-masing individu muslim. Dalam Pembelajaran aqidah akhlak tentunya salah satu komponen penting yaitu metode yang dipakai oleh guru dalam mengajar. Metode diskusi salah satu metode yang bisa diterapakan oleh guru dalam pembelajaran akidah akhlak. Karena metode diskusi dapat mendorong siswa untuk berfikir aktif serta memotivasi mereka untuk lebih banyak belajar. Peranan guru sebagai pendidik tentunya punya tantangan bagaimana mengimplementasikan metode diskusi dalam pembelajaran akidah akhlak yang sesuai dengan langkah penerapan metode diskusi guna mendapatkan hasil yang baik dalam proses belajara mengajar Masalah dalam penelitian ini adalah ternyata hasil belajar siswa pada pelajaran akidah akhlak di MA Manbaul Hikam kecamatan Tegalsiwalan masih rendah dan belum mencapai batas ketuntasan KKM. Penelitian ini dilakukan pada bulan November sampai Desember. Subjek penelitian adalah Guru yang menerapkan model pembelajaran diskusi serta siswa MA Manbaul Hikam yang berjumlah 40 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan observasi menggunakan lembaran observer. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dengan penerapan model pembelajaran diskusi dari siklus I kesiklus II, hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa, pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal memperoleh rata-rata persentase 70% rata-rata ini berada pada kategori belum tuntas, namun pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan perolehan rata-rata persentase 80% dengan kategori tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran diskusi dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak siswa MA Manbaul Hikam Tegalmojo kecamatan Tegalsiwalan.Downloads
Published
2022-02-25
How to Cite
Zainuddin Abbas, Robiatul Adawiyah, & Luluk Avivah. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Metode Diskusi Di MA Manbaul Hikam Tegalmojo Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 459–468. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3757
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Zainuddin Abbas, Robiatul Adawiyah, Luluk Avivah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).