Penguatan karakter Bangsa melalui integrasi nilai kearifan lokal Bali pada Pembelajaran Daring

Authors

  • I Wayan Eka Santika Universitas Dwijendra
  • I Putu Yudi Sudarmawan Universitas Dwijendra

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3747

Abstract

Penguatan Pendidikan karakter dewasa ini menjadi tanggungjawab satuan Pendidikan khususnya Pendidikan formal. oleh karena itu Pendidikan karakter tidak boleh terputus disetiap jenjang Pendidikan. Pungutan karater bangsa bisa dilakukan dengan menamkan dan menekankan Kembali bagaiman peran aktualisasi nilai-nilai kearifan local untuk menjadikan generasi yang smart and good citizenship tentunya dengan indikator selalu beprilaku sesuai dengan kaidah-kaidah nilai loka (local wisdom).Kearifan local masysrakat Bali sangatlah adiluhung, yang dijaga dan dilaksanakan sampai saat ini dalam berbabagi dimensi kehidupan masyarakat Bali. Pemblajaran yang diintegrasikan dengan nilai-nilai kearifan lokal Bali muaranya adalah materi pemblajaran bisa dengan mudah dipahami dan sekaligus bisa menguatkan karkter bangsa pada peseta didik. Pembelajaran di sekolah yang masih dilakukan dengan sistem Daring (dalam jaringan) saat ini seolah kering akan penguatan nilai karater bangsa dan aktualisasi nilai-nilai kearifan local Bali. Hal ini diakibatkan oleh keterbatasan interaksi peserta didik dengan lingkungannya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan studi literatur  dalam usaha membuat rancangan pengitegrasian nilai-nilai kearifan local Bali pada pemblajaran daring yang bertujuan untuk menguatkan karakter bangsa. Kata kucci : Karakter, Kearifan lokal Bali, Daring

Author Biography

I Putu Yudi Sudarmawan, Universitas Dwijendra

Dosen FKIP Undwi

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

I Wayan Eka Santika, & I Putu Yudi Sudarmawan. (2022). Penguatan karakter Bangsa melalui integrasi nilai kearifan lokal Bali pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 434–446. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3747