Hubungan Proses Bimbingan Akademik Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Authors

  • Arif Pristianto Program Studi Fisioterapi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Diyah Luthfika Khaerani Program Studi Fisioterapi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Farid Rahman Program Studi Fisioterapi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3573

Abstract

Edukasi adalah sebuah interaksi yang dilakukan dalam bentuk pembelajaran. Pada tingkat universitas, prestasi belajar yang ditempuh mahasiswa di tiap semester ditunjukkan dengan Indeks Prestasi (IP). Indeks Prestasi ada yang bersifat tiap semester (IPS) ada pula yang secara kumulatif dari seluruh semester yang sudah ditempuh (IPK). Setiap mahasiswa selama masa studi meiliki satu orang dosen pendamping untuk mengarahkan dan memberikan solusi terkait urusan akademik yang disebut dosen Pembimbing Akademik (PA). Di Universitas Muhammadiyah Surakarta, dosen PA bertugas didasari SK Rektor untuk memberikan konsultasi akademik kepada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan proses bimbingan akademik dengan indeks prestasi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan desain penelitian studi korelasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah tidak adanya korelasi antara proses bimbingan akademik dengan indeks prestasi mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan berbagai faktor yang terjadi selama proses perkuliahan. Dapat disimpulkan bahwa indeks prestasi dapat menurun maupun meningkat tergantung dengan motivasi belajar pada mahasiswa serta faktor lain.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Pristianto, A., Khaerani, D. L., & Farid Rahman. (2022). Hubungan Proses Bimbingan Akademik Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 281–287. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3573