Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP YP-PGRI 4 Makassar Melalui Metode Thingking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)

Authors

  • Erni Rismawanti STKIP Pembangunan Indonesia
  • Nur Aslindawaty STKIP Pembangunan Indonesia
  • Hamran STKIP Pembangunan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar siswa melalui metode Thingking Aloud Pair Problem Solving pada kelas VII SMP YP-PGRI 4 Makassar . penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melalui beberapa tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpul dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar melalui penerapan metode pembelajaran Thingking Aloud Pair Problem Solving dapat  meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP YP-PGRI 4 Makassar, yang dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa dari 64% tuntas dengan nilai rata-rata 66,8 pada siklus I meningkat menjadi 88% tuntas dengan nilai rata-rata 82 pada siklus II.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Erni Rismawanti, Nur Aslindawaty, & Hamran. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP YP-PGRI 4 Makassar Melalui Metode Thingking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 252–258. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3558