PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Gustina Gustina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.337

Keywords:

Keterampilan menulis, Model Experiential Learning, Puisi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi puisi di kelas III SDN TI 030 Batu Belah. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Experiential Learning. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi dengan menggunakan Experiential Learning. pada siswa kelas III SDN TI 030 Batu Belah. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas III yang berjumlah 25 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 15 orang, dan siswa perempuan berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi di kelas III SDN TI 030 Batu Belah pada siklus I tergolong cukup dengan rata-rata 60,00. Selanjutnya dari 25 orang siswa hanya 14 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 56% dan yang tidak tuntas 11 orang. Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 78,80 dari 25 orang siswa terdapat 23 orang siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 92% dan yang tidak tuntas 2 orang. Indikator penilaian Experiential Learning diksi tema dan amanat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Experiential Learning. dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata p

References

Arikunto, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi aksara.

Abbas. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas

Budiman N. N. (2012). Etika Profesi Guru. Yogyakarta : Mentari Pustaka

BNSP. (2006). Isi, Tujuan dan Ruang Lingkup Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

Maryanto. (2013). Peningkatan Ketrampilan Menulis Puisi

Melalui Model Experiential Learning Pada Siswa Kelas III. Universitas Negri Semarang:

Nurgiantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

Pebriana, P.H. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan Volume 7 Nomor 2, Juni 2017.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menegah. 2006. Jakarta : Diperbanyak oleh PT Armas Duta Jaya.

Silberman, Mel. 2014). Experiential Learning. (Handbook Experiential Learning). Penerjemah: M. Khozim. Bandung: Nusa Media.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta.

Tarigan, (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Downloads

Published

2019-08-05

How to Cite

Gustina, G. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 11–24. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.337

Issue

Section

Articles