Fenomena Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar

Authors

  • Gingga Prananda Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat

Abstract

Seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan dalam pengalaman teoretis tapi juga harus memiliki kemampuan praktis. Kedua hal ini sangat penting karena seorang guru dalam pembelajaran bukanlah sekedar menyampaikan materi semata tetapi juga harus berupaya agar mata pelajaran yang sedang disampaikan menjadi kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami bagi siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat fenomena pembelajaran tematik di kelas II Sekolah Dasar. Pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini bermaksud mengetahui dan mendeskripsikan secara rinci tentang Masalah-Masalah Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Di SDN 07 Ulak Karang Selatan. Pengajaran tematik perlu memilih materi beberapa mata pelajaran yang mungkin saling terkait. Dengan demikian, materi-materi yang dipilih dapat mengungkapkan tema secara bermakna. Pengajaran tematik tidak boleh bertentangan dengan kurikulum yang berlaku, tetapi sebaliknya pembelajaran tematik harus mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang termuat dalam kurikulum. Pembelajaran tematik memiliki arti penting dalam membangun kompetensi peserta didik untuk lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. 

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Prananda, G. . (2022). Fenomena Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2725–2729. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/25964