Fenomena Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar
Abstract
Seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan dalam pengalaman teoretis tapi juga harus memiliki kemampuan praktis. Kedua hal ini sangat penting karena seorang guru dalam pembelajaran bukanlah sekedar menyampaikan materi semata tetapi juga harus berupaya agar mata pelajaran yang sedang disampaikan menjadi kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami bagi siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat fenomena pembelajaran tematik di kelas II Sekolah Dasar. Pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini bermaksud mengetahui dan mendeskripsikan secara rinci tentang Masalah-Masalah Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Di SDN 07 Ulak Karang Selatan. Pengajaran tematik perlu memilih materi beberapa mata pelajaran yang mungkin saling terkait. Dengan demikian, materi-materi yang dipilih dapat mengungkapkan tema secara bermakna. Pengajaran tematik tidak boleh bertentangan dengan kurikulum yang berlaku, tetapi sebaliknya pembelajaran tematik harus mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang termuat dalam kurikulum. Pembelajaran tematik memiliki arti penting dalam membangun kompetensi peserta didik untuk lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya.Downloads
Published
2022-06-30
How to Cite
Prananda, G. . (2022). Fenomena Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2725–2729. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/25964
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Gingga Prananda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).