Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.20767Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan medel STAD. STAD adalah model pembelajaran kooperatif yang memacu kerja sama siswa melalui belajar dalam kelompok yang anggotanya beragam, baik dalam kemampuan akademik maupun latar belakang etnis, dan sebagainya agar tercipta keadaan saling mendorong dan membantu satu sama lain dalam suasana sosial yang beragam untuk menguasai keterampilan yang sedang dipelajari. Penelitian ini dilakuakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 yang diawali dengan kegiatan perencanaan pembelajaran kemudian pelaksanaan pembelajaran dan refleksi, dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Hasil yang diperoleh dari penelitian perbaikan pembelajaran ini dari siklus 1 meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Pada hari terakhir di siklus 1 terdapat 12 peserta didik (63%) yang telah mencapai target KKM, dan pada hasil evaluasi siklus II terdapat 16 peserta didik (84%) yang telah mencapai nilai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus II telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang ditentukan yaitu 70%.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Rachmat, R., Hermawan, N. J., & Irnawati, W. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 6091–6095. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.20767
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rachmat, Nanang Juhandi Hermawan, Wati Irnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









