Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1898Keywords:
Role Playing, Hasil Belajar, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial terhadap siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode meta analisis. Penelitian ini diawali dengan merumuskan masalah penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data-data dikumpulkan dengan cara menelusuri jurnal jurnal yang tersedia di google cendekia. Berdasarkan hasil analisis model pembelajaran Role Playing mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari yang terendah 1,65% sampai dengan yag tertinggi 64,32% dengan rata-rata 20,70%References
Budiansyah 2017. PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DISEKOLAH DASAR NEGERI PALEMBANG.Palembang: JURNAL PENDIDIKAN PERGURUAN GURU SEKOLAH DASAR.
Chiristina, L. V. dan Kristin, F.2016. Efektifitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kreativitas Berfikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria jurnal pendidikan dan kebudayaan.
Muslimah, M. 2017. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas III SDN 2 Gedongmulyo Kecamatan Lasem Kabupaten Palembang Tahun 2014/2015. DIDAKTIKA PGRI 2 (2):201-209
Muzakir, M. A. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Role Playing Yang Divariasikan Dengan Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di Kelas V SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin. Jurnal paradigm 9 (2).
Dewi, R. P. dan Gunansyah, G. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (3).
Partami, N. P. I., Raga, G., dan Sudatha, I. G. W. 2013. Pengaruh Metode Bermain Peran Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Seririt. MIMBAR PGSD Undiksha 1 (1).
Ernani, E. DAN Syarifuddin, A. 2017. Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2 (1): 29-42.
Sari, E. Y., Suastiaji, I. B., dan Permata, L. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Role Playing Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPS (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Islam Al-Gontory Tulungagung). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 2 (01).
Indrawati, R. M. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Melalui Bermain Peran. Journal of Elementary Education, 2 (1).
Iskandar, R. I. R. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Teknik Bermain Peran Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 6(2):307-316.
Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2 (1).
Kristin, F. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2): 74-79.
Lestari, R. S. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Role Playing Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPS (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 01 Gondangwetan Pasuruan). PEDAGOGY, 2(1).
Suarsana, I. B. P. Lasmawan, W. dan Marhaeni, A. A. I. N. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Berbantuan Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPS Dan Motivasi Berprestasi Kelas V SDN Gugus II Laksamana Jembrana. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).
Sulaemi, E. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Bermain Peran (Role Playing) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Di SD Negeri Setragalih Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1).
Tarigan, A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Primary,5(3):102-112.
Utami, S. dan Afandi, M. 2010. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Kelas V SD Negeri 02 Wiroditan Kabupaten Pekalongan.
Wahyudi, A. B. E. dan Suardiman, S. P. 2013. Meningkatkan karakter dan hasil belajar IPS menggunakan metode bermain peran pada siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 113-123.
Zahroul, C. 2017. Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Jenisâ€Jenis Usaha Ekonomi Di SDN Ngadiluwih 02 Kediri. PEDAGOGI, 2(2).
Suwarno, A. 2017. Penerapan Metode Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Dalam Materi Keragaman Flora Dan Fauna Di Indonesia Di Kelas VII SMP Negeri 1 Tebas. REFLEKSI EDUKATIKA, 7(1):11-15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muhammad Alfhajrin Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).