Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Mind Mapping

Authors

  • Nia Putri Nur Pertiwi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1895

Keywords:

learning outcomes, mind mapping method

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali tentang metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Mind Mapping merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika yang diajarkan dengan berusaha menjadikan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode meta analisis, dengan penanaman konsep dimana hasil pembelajaran diharapkan lebih bermanfaat bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung dalam bentuk kegiatan belajar siswa. Kualitas proses pembelajaran lebih penting dari pada hasil. Penelitian ini menggunakan studi dokumen atas hasil-hasil penelitian sebelumnya, penulis juga menggunakan metode Meta Analisis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan non tes yaitu dengan menelusuri artikel dan jurnal melaui goole cendekia. Dari hasil penelusuran penulis menggunakan 10 artikel yang akan dianalisis. Berdasarkan hasil analsis ternyata menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari yang terendah 19,73% sampai yang tertinggi 85,65%dengan rata-rata 65,81%.

References

Asi, Kanisius Yosef. (2021). Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres XIV. Jurnal ISSN 2615-1650.

http://globaledu.web.id/journal

Elita, Upik. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 1 (2), e-ISSN : 2598-7453.

DOI : https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.372

Fadelah, Bq. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Mind Map Pada Siswa Kelas XIII-A SMPN 1 Montong Gading. Jurnal Pendidikan dan Sains, 1(3), 268-281.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Hayati, Rihanah, dkk. (2017). Metode Mind Map Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 63-78.

https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i1.13250

Herdiaswati, Lurit. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Menggunakan Metode Mind Mapp. Jurnal Ilmiah, 20 (2), p-ISSN: 1410-8771, e-ISSN: 2580-4812.

http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1302119&val=17535&title=UPAYA%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20BANGUN%20RUANG%20MENGGUNAKAN%20METODE%20MIND%20MAP

Husni. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Mind Map Pada Siswa Kelas V SD Negeri 8 Aikmel. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 78-87.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Laupada, Matheos. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Mind Map Pada Siswa Kelas V SD Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang. Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya dan Pendidikan, 17(1), ISSN :1858-2893.

http://publikasi.undana.ac.id/index.php/JG/article/view/g352/173

Mastiawati. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Menggunakan Metode Mind Map pada Siswa Kelas V SD Negeri Beriwit-7. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(11), 1476-1491.

http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/646/426

Nurhasanah. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mengunakan Metode Mind Maping pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Ampean. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 85-93.

https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp/index

Putradi. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Mind Map Pada Siswa Kelas IX.1 SMP Negeri 1 Keruak. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 126-138.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Pertiwi, N. P. N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 138–143. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1895

Issue

Section

Articles