Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Mind Mapping
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1895Keywords:
learning outcomes, mind mapping methodAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali tentang metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Mind Mapping merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika yang diajarkan dengan berusaha menjadikan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode meta analisis, dengan penanaman konsep dimana hasil pembelajaran diharapkan lebih bermanfaat bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung dalam bentuk kegiatan belajar siswa. Kualitas proses pembelajaran lebih penting dari pada hasil. Penelitian ini menggunakan studi dokumen atas hasil-hasil penelitian sebelumnya, penulis juga menggunakan metode Meta Analisis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan non tes yaitu dengan menelusuri artikel dan jurnal melaui goole cendekia. Dari hasil penelusuran penulis menggunakan 10 artikel yang akan dianalisis. Berdasarkan hasil analsis ternyata menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari yang terendah 19,73% sampai yang tertinggi 85,65%dengan rata-rata 65,81%.References
Asi, Kanisius Yosef. (2021). Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres XIV. Jurnal ISSN 2615-1650.
http://globaledu.web.id/journal
Elita, Upik. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 1 (2), e-ISSN : 2598-7453.
DOI : https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.372
Fadelah, Bq. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Mind Map Pada Siswa Kelas XIII-A SMPN 1 Montong Gading. Jurnal Pendidikan dan Sains, 1(3), 268-281.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Hayati, Rihanah, dkk. (2017). Metode Mind Map Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 63-78.
https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i1.13250
Herdiaswati, Lurit. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Menggunakan Metode Mind Mapp. Jurnal Ilmiah, 20 (2), p-ISSN: 1410-8771, e-ISSN: 2580-4812.
http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1302119&val=17535&title=UPAYA%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20BANGUN%20RUANG%20MENGGUNAKAN%20METODE%20MIND%20MAP
Husni. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Mind Map Pada Siswa Kelas V SD Negeri 8 Aikmel. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 78-87.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Laupada, Matheos. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Mind Map Pada Siswa Kelas V SD Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang. Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya dan Pendidikan, 17(1), ISSN :1858-2893.
http://publikasi.undana.ac.id/index.php/JG/article/view/g352/173
Mastiawati. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Menggunakan Metode Mind Map pada Siswa Kelas V SD Negeri Beriwit-7. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(11), 1476-1491.
http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/646/426
Nurhasanah. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mengunakan Metode Mind Maping pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Ampean. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 85-93.
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp/index
Putradi. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Mind Map Pada Siswa Kelas IX.1 SMP Negeri 1 Keruak. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 126-138.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nia Putri Nur Pertiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).