Analisis Efektifitas Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1880Keywords:
Meta Analisis, Problem Based Learning, Kognitif Siswa Kelas IVAbstract
Artikel ini ditulis menggunakan metode meta analisis. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian dilakukuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif khususnya siswa kelas IV Sekolah Dasar. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan suatu pembelajaran dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis terhadap siswa. Melalui tanya jawab, menganalisis serta memecahkan permasalahan baik secara kelompok maupun pribadi. Pembelajaran Problem Based Learning merupakan perangkat model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai fokus untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, materi, pengaturan diri. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Yang semula peneliti merumuskan masalah penelitian, kemudian dilanjutkan dengan menelusuri penelitian yang sudah ada dan relevan untuk dianalisis. Teknik pengumpulan hasil penelitian dilakukan dengan cara mencari jurnal dan skripsi pada beberapa media elektronik seperti internet. Melalui Google Cendekia atau Google Scholar. Dari hasil penelusuran diperoleh 10 artikel dari jurnal. Berdasarkan hasil analisis ternyata model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD, hasil belajar mulai dari yang terendah 3,47% sampai yang tertinggi 24,58% dengan rata-rata 10,32%.References
Andini, N. K. A. S. dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Kecamatan Rendang. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.
Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20
Darsana, I. K. A., Putra, M., & Negara, I. G. A. O. (2013). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas v sd gugus 1 sidemen karangasem. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Kesuma, H. (2017). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP Universitas Pendidikan Ganesha. 5(2), 1–10.
Pangastuti, P. N., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Efektivitas Discovery Learning dan PBL pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif siswa di SDN Karangduren 01. Jurnal Basicedu, 3(1), 92–100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.79
Pramudi Wardani, F. I., Mawardi, M., & Astuti, S. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Kelas 4 SD dalam Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 62. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.283
Oktaviani, B. A. Y., Mawardi, & Astuti, S. (2018). Perbedaan Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD The Difference of Problem-Based Learning and Discovery Learning Viewed From Mathematic Learning Outcomes of 4 th Grade Students. Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol 8, 131–132.
Rahmawati, D. (2018). Perbedaan Model Probem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 214–221. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15010
Santiani, N. W., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD, 5(2), 1–11.
Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dan Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Atik Tri Susilowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).