Upaya Meningkatkan Kompetensi Paedagogik Guru dalam Menyusun RPP dengan Penerapan Supervisi Akademik Pada Tahun Pelajaran 2022/2023 di MAN 1 Padang Pariaman

Authors

  • Amrizon Amrizon MAN 1 Padang Pariaman

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.18514

Abstract

Upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan dan kekurangannya, maka pembinaan yang terencana dan berkesinambungan dalam supervisi akademik melalui tehnik supervise kelompok dianggap lebih efektif karena setiap permasalahan yang ditemukan bisa langsung dicarikan solusi bersama dan waktunya bisa disesuaikan dengan kemampuan masing- masing guru. Untuk itu, kepala Madrasah sebagai supervisor dipandang perlu melaksanakan supervisi untuk meningkatkan kinerja para guru dalam menjalankan tugastugasnya sebagai seorang pendidik. Tujuan utama dari penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk meningkatkan Kompetensi Pedagogik guru di MAN 1 Padang Pariaman, dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi masing-masing pelajaran agar dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Sekolah. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 14 orang guru dari rumpun bahasa dan guru PJOK di MAN 1 Padang Pariaman. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil kegiatan supervisi yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkansebagai berikut : Penerapan Supervisi Akademij dapat meningkatkan kinerja/kemampuan  guru dalam menyusun RPP yang baik dan inovatis. Hal ini dapat dilihat dari semakin bagusnya pemahaman guru dari pembinaan yang diberikan oleh Kepala Madrasah (ratarata hasil kemampuan guru meningkat. Perbandingan terlihat Pada komponen merumuskan identitas, KI dan KD, indikator tujuan pembelajaran yang efektif sesuai dengan standar kompetensi mata pelajaran, terlihat peningkatan dari 59,96 % kemampuan awal, menjadi 72,51% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 92,42 %. Pada akhir kegiatan; Pada komponen Memilih materi dan sumber belajar, terlihat peningkatan dari 56,25 % pada kemampuan awal, menjadi 70,83% pada siklus 1 dan meningkat  menjadi 92,26 % pada akhir kegiatan;  Pada komponen Menentukan media dan model  pembelajaran yang mencapaian tujuan pembelajaran, terlihat peningkatan dari 56,55 % pada kemampuan awal, menjadi 70,24% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 91,96 % pada akhir kegiatan ; Pada komponen Menentukan metode  dan  skenario pembelajaran, terlihat peningkatan dari 56,10 % pada kemampuan awal, menjadi 71,28% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 92,11 % pada akhir kegiatan ; Pada komponen Menentukan penilaian yang tepat dan sesuai dengan kegiatan pembelajaran, terlihat peningkatan dari 56,55 % pada kemampuan awal, menjadi 70,83 % pada siklus 1 dan meningkat menjadi 92,86 % pada akhir kegiatan.

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Amrizon, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kompetensi Paedagogik Guru dalam Menyusun RPP dengan Penerapan Supervisi Akademik Pada Tahun Pelajaran 2022/2023 di MAN 1 Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(5), 1–9. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.18514