Perilaku Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Pada MAN 1 Parepare
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.18235Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak gaya kepemimpinan dan budaya organisasi MAN 1 Parepare terhadap kinerja guru sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa tingkat kinerja individu dan kolektif dalam suatu bisnis sangat dipengaruhi oleh kualitas kepemimpinan yang ditunjukkan, serta budaya perusahaan yang berlaku. Budaya perusahaan yang patut dicontoh berkontribusi pada penanaman etos kerja yang positif, meningkatkan keterlibatan karyawan, dan meningkatkan efisiensi karyawan. Demikian pula, kepemimpinan yang efektif memainkan peran penting dalam memberikan bimbingan, inspirasi, dan dukungan kepada tenaga kerja. Sebaliknya, kepemimpinan yang kurang efektif dan budaya organisasi yang beracun dapat memberikan dampak negatif terhadap kinerja dan menghambat kapasitas organisasi untuk mencapai tujuannya. Temuan studi ini menunjukkan bahwa pembentukan budaya organisasi yang kuat sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja guru. Hal ini memerlukan penerapan banyak tindakan signifikan. Strateginya mencakup penerapan gaya kepemimpinan yang mendorong hasil positif, penyampaian prinsip-prinsip dasar dan keyakinan organisasi dengan baik, menumbuhkan budaya organisasi yang tangguh dan unik, dan dengan penuh perhatian mempertimbangkan elemen-elemen yang membentuk budaya organisasi. Penelitian ini mengusulkan perlunya penyelidikan lebih lanjut terhadap berbagai faktor yang berkontribusi terhadap kinerja guru. Faktor-faktor ini termasuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan tertentu, menilai dampak budaya organisasi, mengeksplorasi interaksi antara kepemimpinan dan budaya organisasi, mengidentifikasi faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi kinerja guru, dan mempertimbangkan potensi penerapan temuan penelitian di berbagai sekolah dan lembaga pendidikan.Downloads
Published
2022-08-31
How to Cite
Iskandar, M. A. (2022). Perilaku Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Pada MAN 1 Parepare. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6619–6625. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.18235
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muh. Amin Iskandar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









