Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 MAN 1 Padang Pariaman

Authors

  • Cendrawati Cendrawati MAN 1 Padang Pariaman

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18060

Abstract

Berdasarkan hasil belajar Siswa Kelas XI IPS-1 MAN 1 Padang Pariaman dalam mata pelajaran Ekonomi ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan mendapatkan informasi tentang hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together di Kelas XI IPS-1 MAN 1 Padang Pariaman  Provinsi Sumatera Barat.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 39 orang peserta didik  Kelas XI IPS-1 MAN 1 Padang Pariaman. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa  Model Pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi di MAN 1 Padang Pariaman . Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 66.21% (Cukup) meningkat menjadi  85,82% (Baik) dengan peningkatan sebesar 19.62%.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Cendrawati, C. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 MAN 1 Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 520–526. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18060