Pengembangan RPP Berbasis Model Quiz Team Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya dalam Mengatasi Silence Culture Kelas X di SMK Negeri 1 Gunungsitoli

Authors

  • Mei Nelvi Daryani Harefa Universitas Nias
  • Arianto Lahagu Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17956

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi di SMK Negeri 1 Gunungsitoli yang selama ini komponen RPP yang digunakan sudah lengkap dan sesuai namun masih belum mencantumkan rincian penggunaan waktu, indikator serta media yang digunakan, pembelajaran masih berpusat pada guru dengan metode ceramah yang membuat peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan RPP Berbasis Model Quiz Team pada materi rencana usaha kecil dan menengah, untuk mengetahui pengembangan RPP Berbasis Model Quiz Team pada materi rencana usaha kecil dan menengah, kelayakan dan kepraktisan. Hasil validasi materi oleh validator I pada RPP Berbasis Model Quiz Team sebesar 96,55% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi materi oleh validator II pada RPP Berbasis Model Quiz Team sebesar 97,41% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi bahasa oleh validator III pada RPP Berbasis Model Quiz Team sebesar 97,5% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi desain oleh validator IV pada RPP Berbasis Model Quiz Team sebesar 95,83% dengan kriteria sangat layak. Kepraktisan keterampilan bertanya pada uji coba skala kecil sebesar 85,92% dengan kriteria sangat praktis dan uji coba lapangan sebesar 94,85% dengan kriteria sangat praktis.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Harefa, M. N. D., & Lahagu, A. (2023). Pengembangan RPP Berbasis Model Quiz Team Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya dalam Mengatasi Silence Culture Kelas X di SMK Negeri 1 Gunungsitoli. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 640–654. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17956