Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Di kelas V SDN 030 Bagan Jaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1785Keywords:
Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Based Learning.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN 030 Bagan Jaya. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa di SDN 030 Bagan Jaya. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 22 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 10 orang, dan siswa perempuan berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA di kelas V SDN 030 Bagan Jaya pada siklus I tergolong baik dengan rata-rata 80,27. Selanjutnya dari 22 orang siswa hanya 14 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 63,64%. Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 80,68 dari 22 orang siswa terdapat 19 orang siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 86,36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 030 Bagan Jaya.References
Glazer. (2001). Problem Based Instruction. In M. Orey (ED), Emerging Perspective on learning, teching, and technology. (online) terdapat.http//www.coe.uga.edu/epltt/ProblemBasedInstruct.htm.
Hamzah B Uno. 2016 Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis. Dibidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme. Guru, Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tri Suprihatin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).