Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Aktivitas Belajar Melalui Metode Advance Organizer Dan Peta Konsep Pada Siswa SMA Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.17692Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas belajar dengan menggunakan metode advance organizer dan peta konsep. Pada penelitian ini subjek penelitian sebanyak 33 siswa yaitu penulis memilih sampel kelas XI IPA 3 SMA Sultan Iskandar Muda Medan T.A.2022/2023. Data pada penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen tes yang digunakan peneliti soal uraian yang terdiri dari 4 soal dengan menggunakan sesuai indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yang sudah disetujui atau telah dinyatakan valid oleh dosen dan guru. Dari hasil penelitian membuktikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 61,3% sedangkan untuk aktivitas belajar siswa mendapat nilai rata-rata 54,46%. Namun pada tindakan siklus I belum mencapai ketuntasan baik secara individual maupun klasikal sehingga adanya perlakuan siklus II. Pada siklus II siswa sudah mengalami peningkatan pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yaitu 81,51% begitu juga dengan aktivitas belajar siswa 76,3%. Dengan begitu adanya selisih dari siklus I ke siklus II yaitu 20,21% pada tindakan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan 21,84% dengan peningkatan aktivitas belajar siswa. Artinya ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan aktivitas belajar dengan menggunakan metode advance organizer dan peta konsep di kelas XI IPA 3 SMAS Sultan Iskandar Muda Medan.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Simanjuntak, I. ., & Manullang, S. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Aktivitas Belajar Melalui Metode Advance Organizer Dan Peta Konsep Pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 527–537. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.17692
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ivena Simanjuntak, Sudianto Manullang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).