Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Aktivitas Belajar Melalui Metode Advance Organizer Dan Peta Konsep Pada Siswa SMA Kelas XI

Authors

  • Ivena Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Sudianto Manullang Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.17692

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas belajar dengan menggunakan metode advance organizer dan peta konsep. Pada penelitian ini subjek penelitian sebanyak 33 siswa yaitu penulis memilih sampel kelas XI IPA 3 SMA Sultan Iskandar Muda Medan T.A.2022/2023. Data pada penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen tes yang digunakan peneliti soal uraian yang terdiri dari 4 soal dengan menggunakan sesuai indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yang sudah disetujui atau telah dinyatakan valid oleh dosen dan guru. Dari hasil penelitian membuktikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 61,3% sedangkan untuk aktivitas belajar siswa mendapat nilai rata-rata 54,46%.  Namun pada tindakan siklus I belum mencapai ketuntasan baik secara individual maupun klasikal sehingga adanya perlakuan siklus II. Pada siklus II siswa sudah mengalami peningkatan pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yaitu 81,51% begitu juga dengan aktivitas belajar siswa 76,3%. Dengan begitu adanya selisih dari siklus I ke siklus II yaitu 20,21% pada tindakan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan 21,84% dengan peningkatan aktivitas belajar siswa. Artinya ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan aktivitas belajar dengan menggunakan metode advance organizer dan peta konsep di kelas XI IPA 3 SMAS Sultan Iskandar Muda Medan.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Simanjuntak, I. ., & Manullang, S. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Aktivitas Belajar Melalui Metode Advance Organizer Dan Peta Konsep Pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 527–537. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.17692