Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1752Keywords:
learning motivation, pandemic, mathAbstract
Pandemi covid 19 telah berlangsung sejak pertengahan Maret 2020 sampai sekarang. Selama masa pandemi pelaksanaan pembelajaran matematika berubah dari sistem konvensional (tatap muka) menjadi sistem online (daring). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar matematika di masa pandemi terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa semester 6 program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Madiun. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar dan wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motivasi belajar mahasiswa jurusan matermatika terbagi menjadi empat kelompok yaitu, motivasi belajar sangat tinggi, motivasi belajar tinggi, motivasi belajar cukup dan motivasi belajar sangat rendah. Mayoritas mahasiswa jurusan pendidikan matematika memiliki motivasi belajar yang cukup. Beberapa hal yang mempengaruhi motivasi belajar mereka adalah tempat belajar yang tenang dan sepi dan ketika akan ujian atau pada saat situasi tertentu. Selain hal itu, mayoritas mahasiswa mempunyai lingkungan sekitar rumah yang mendukung situasi belajar untuk menumbuhkan motivasi belajarnya.References
Astuti, W. et al. (2020) ‘Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19’, EQUATION Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika , ISSN 2599-3291 (Cetak), ISSN 2614-3933 (Online), 3(2), pp. 40–54.
Auliya, R. N. (2016) ‘Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis’, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), pp. 12–22. doi: 10.30998/formatif.v6i1.748.
Emda, A. (2018) ‘Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran’, Lantanida Journal, 5(2), p. 172. doi: 10.22373/lj.v5i2.2838.
Fauzan, G. A. and Aripin, U. (2019) ‘Penerapan Ice Breaking dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa VIII B SMP Bina Harapan Bangsa’, JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), pp. 17–24.
Fitriyani, Y., Fauzi, I. and Sari, M. Z. (2020) ‘Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19’, Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), pp. 121–132. doi: 10.23917/ppd.v7i1.10973.
Hakim, M. and Mulyapradana, A. (2020) ‘Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19’, Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 4(2), pp. 154–160. doi: 10.31294/widyacipta.v4i2.8853.
Irfan, M. et al. (2020) ‘Challenges During the Pandemic: Use of E-Learning in Mathematics Learning in Higher Education’, Infinity Journal, 9(2), p. 147. doi: 10.22460/infinity.v9i2.p147-158.
Jatmiko (2015) ‘Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk’, Math Educator Nusantara, 01(02), pp. 205–213. Available at: file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/237-49-620-1-10-20160204.pd.
Mulenga, E. M. and Marbán, J. M. (2020) ‘Prospective teachers’ online learning mathematics activities in the age of COVID-19: A cluster analysis approach’, Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(9). doi: 10.29333/EJMSTE/8345.
Nurdiana (2017) ‘Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika’, Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 19(2), pp. 123–130.
Prasanti, D. (2016) ‘Perubahan Media Komunikasi Dalam Pola Komunikasi Keluarga Di Era Digital’, Jurnal Commed, 1(1), pp. 2527–8673.
Sugiyono (2015) Quantitative Research Methods, Skinative, R & D. Bandung: Alfabeta.
Utami, Y. P. and Cahyono, D. A. D. (2020) ‘Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring’, Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), pp. 20–26. doi: 10.33365/ji-mr.v1i1.252.
Yunitasari, R. and Hanifah, U. (2020) ‘Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19’, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), pp. 236–240.
Zulhulaefah, B. (2017) the Effectiveness of the Application of Ice Breaker. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fitria Rizqi Y, Rahma Fadhila Nuriya, Muhammad Ridho Fantriadi, Febby Widyastuti I
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).