Implementasi Teori Hirarchy Of Needs Maslow Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Yayasan Cahaya Generasi Islam Kota Bengkulu

Authors

  • Anisyah Rahmadania Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Hery Noer Aly Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17456

Abstract

Abraham Maslow adalah seorang psikolog yang dikenal karena teorinya tentang hierarki kebutuhan manusia. Teori Maslow menyatakan bahwa manusia memiliki lima tingkat kebutuhan, mulai dari kebutuhan fisiologis hingga kebutuhan akan self-actualization. Maslow menyusun teori motivasi manusia, dimana variasi kebutuhan  manusia dipandang tersusun dalam bentuk hierarki atau berjenjang.  Dalam konteks kegiatan belajar, teori Maslow dapat digunakan untuk memahami faktor-faktor yang memotivasi siswa untuk belajar. Teori motivasi dari Abraham Maslow atau teori  Hierarchy of Needs terdiri dari lima tingkat kebutuhan, dimulai dari kebutuhan fisiologis, rasa aman, rasa dihargai, aktualisasi diri, hingga kebutuhan transendental. Piramida ini menggambarkan bahwa manusia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan harus memenuhi kebutuhan yang lebih rendah terlebih dahulu sebelum dapat memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi. Dalam konteks kegiatan belajar, piramida kebutuhan Maslow dapat membantu guru untuk memahami faktor-faktor yang memotivasi siswa. Penelitian ini  bertujuan   untuk menjelaskan   penerapan  teori motivasi Maslow dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini mengggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data  melalui  observasi, wawancara dan dokumentasi yaitu  data-data   diperoleh  dari   buku buku   teks,jurnal online maupun offline. Berdasarkan penerapan teori maslow dalam  memotivasi   siswa di Yayasan Cahaya Generasi Islam Kota Bengkulu maka  dapat disimpulkan   bahwa   teori   motivasi   Maslow   tidak   hanya  mampu  meningkatkan  motivasi  belajar siswa  namun  dapat mempercepat tercapai tujuan proses  belajar   mengajar serta tujuan pendidikan nasional.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Rahmadania, A. ., & Aly, H. N. (2023). Implementasi Teori Hirarchy Of Needs Maslow Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Yayasan Cahaya Generasi Islam Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 261–272. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17456