Implementasi Teori Hirarchy Of Needs Maslow Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Yayasan Cahaya Generasi Islam Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17456Abstract
Abraham Maslow adalah seorang psikolog yang dikenal karena teorinya tentang hierarki kebutuhan manusia. Teori Maslow menyatakan bahwa manusia memiliki lima tingkat kebutuhan, mulai dari kebutuhan fisiologis hingga kebutuhan akan self-actualization. Maslow menyusun teori motivasi manusia, dimana variasi kebutuhan manusia dipandang tersusun dalam bentuk hierarki atau berjenjang. Dalam konteks kegiatan belajar, teori Maslow dapat digunakan untuk memahami faktor-faktor yang memotivasi siswa untuk belajar. Teori motivasi dari Abraham Maslow atau teori Hierarchy of Needs terdiri dari lima tingkat kebutuhan, dimulai dari kebutuhan fisiologis, rasa aman, rasa dihargai, aktualisasi diri, hingga kebutuhan transendental. Piramida ini menggambarkan bahwa manusia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan harus memenuhi kebutuhan yang lebih rendah terlebih dahulu sebelum dapat memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi. Dalam konteks kegiatan belajar, piramida kebutuhan Maslow dapat membantu guru untuk memahami faktor-faktor yang memotivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan teori motivasi Maslow dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini mengggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yaitu data-data diperoleh dari buku buku teks,jurnal online maupun offline. Berdasarkan penerapan teori maslow dalam memotivasi siswa di Yayasan Cahaya Generasi Islam Kota Bengkulu maka dapat disimpulkan bahwa teori motivasi Maslow tidak hanya mampu meningkatkan motivasi belajar siswa namun dapat mempercepat tercapai tujuan proses belajar mengajar serta tujuan pendidikan nasional.Downloads
Published
2023-08-06
How to Cite
Rahmadania, A. ., & Aly, H. N. (2023). Implementasi Teori Hirarchy Of Needs Maslow Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Yayasan Cahaya Generasi Islam Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 261–272. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17456
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Anisyah Rahmadania, Hery Noer Aly
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).