Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here Di Kelas V SD

Authors

  • Dilla Yuspita Sari Universitas Negeri Padang
  • Rifda Eliyasni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17366

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah disebabkan oleh proses pembelajaran tematik terpadu, guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya, dan peserta didik sulit untuk berpartisipasi aktif selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dilaksanakn 2 pertemuan dan siklus II dilksanakan 1 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata77,77% (B), siklus II 94,44%(SB), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I rata-rata 85% (Baik), siklus II rata-rata 92,5%(SB), c) pelaksanaan pada aspek peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 81,25%(B) dan siklus II rata-rata 92,5%(SB), d) penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata 80,08 (C) dan siklus II dengan rata-rata 93,13 ( SB). Dapat disismpulkan bahwa menggunakan model ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Sari, D. Y. ., & Eliyasni, R. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here Di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 224–229. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17366