Students’ Perception On English Online Learning During Covid Pandemic At SMPN 5 Lubuk Alung Academic Year 2021/2022

Authors

  • Nofriadi Dodi Saputra Sjech M. Djamil Djambek Islamic University Of Bukittinggi
  • Reflinda Reflinda Sjech M. Djamil Djambek Islamic University Of Bukittinggi
  • Syahrul Syahrul Sjech M. Djamil Djambek Islamic University Of Bukittinggi
  • Melyann Melani Sjech M. Djamil Djambek Islamic University Of Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17351

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penerapan belajar daring bahasa inggris selama pandemi covid di SMPN 5 Lubuk Alung. Hal tersebut dilakukan kepada di SMPN 5 Lubuk Alung karena seluruh siswa telah melaksanakan proses pembelajaran daring. Masalah yang ditemui adalah siswa merasa bosan ketika belajar daring, siswa memiliki kendala dengan banyaknya pelajaran online, dan siswa kesulitan untuk memahami materi pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian survei. Data dikumpulkan menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di kelas tujuh, delapan dan sembilan di SMPN 5 Lubuk Alung. Peneliti menggunakan teknik random sampling untuk menentukan sampel. Sampel pada penelitian ini berjumlah 219 responden pada tahun ajaran 2021/2022. Untuk menganalisis data, peneliti menghitung persentase dari setiap pernyataan yang diberikan oleh siswa, mengetahui mean masing-masing sub variable dan membuat kesimpulan dengan level rating quality. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran daring bahasa inggris selama pandemi covid di SMPN 5 Lubuk Alung memiliki respon yang positif, kebanyakan dari siswa sepakat dengan keunggulan dari belajar daring. Sayangnya akses internet yang tidak merata serta tidak stabil serta kesediaan perangkat seperti ponsel pintar dan laptop tidak cukup memadai. Para siswa juga kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh guru serta kesulitan dalam mengerjakan tugas individu maupun kelompok. Berdasarkan dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa dapat menikmati keunggulan yang diberikan oleh pembelajaran daring, namun perubahan secara tiba-tiba serta kurangnya persiapan, menimbulkan beberapa masalah. Oleh karena itu, guru dan siswa diharapkan untuk dapat menciptakan atmosfer pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Kata kunci: Persepsi Siswa, Pembelajaran Daring

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Saputra, N. D. ., Reflinda, R., Syahrul, S., & Melani, M. . (2023). Students’ Perception On English Online Learning During Covid Pandemic At SMPN 5 Lubuk Alung Academic Year 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 180–184. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17351