Mendidik Hati Dalam Pendidikan Islam (Mengupas Ayat Al-Qur’an) Penelitian Peran Perempuan Dalam Pendidikan Moderasi Beragama: Analisis Isi Periode 2021-2023

Authors

  • Muhammad Safari Ariga Pascasarjana, IAIN Pontianak
  • Cucu Cucu Pascasarjana, IAIN Pontianak
  • Nur Hamzah Pascasarjana, IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.16901

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penelitian peran perempuan dalam moderasi beragama analisis isi periode 2021-2023. Penelitian ini menggunakan prosedur kuantitatif - analisis isi. Data yang dianalisis adalah 14 artikel jurnal terindeks google cendikia. Hasil temuan pertama, desain penelitian kualitatif kepustakaan mendominasi, yaitu 42%, diikuti kualitatif deskriptif 34%, sementara Fenomenologi, studi kasus, dan analisis isi masing-masing 8%.  Temuan kedua, hasil kategori analisis konten, yaitu perempuan berperan menanamkan nilai-nilai moderasi dikeluarga sebagai Ibu dan Istri; di organisasi kepada anggota; sebagai ulama, ustazah/ tokoh agama kepada umat; komunitas kepada anggota komunitas; penggiat media social kepada audien. Adapun tema-tema moderasi beragama yang ditemukan yaitu: Toleransi, anti kekerasan,  memiliki nasionalisme, penyetaraan, keadilan,  penguatan ketauhidan, Tawassuth (megambil jalan tengah), Tawazun (berkeseimbangan), I'tidal (lurus dan tegas), Tasamuh (toleransi), Musawah (egaliter), Syura (musyawarah), Ishlah (reformasi), Aulawiyah (mendahulukan yang prioritas), athawwir wa Ibtikar (dinamis dan inovatif), Tahadhdhur (berkeadaban), Mencegah tersebarnya ideologi kekerasan, rahmah, santun, kerja sama, aqidah, ibadah, akhlak, perdamaian. Rekomendasi untuk peneliti berikutnya untuk mengeksplorasi peran perempuan dalam moderasi menggunakan desain penelitian Fenomenologi, studi kasus, dan analisis isi.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Ariga, M. S. ., Cucu, C., & Hamzah, N. . (2023). Mendidik Hati Dalam Pendidikan Islam (Mengupas Ayat Al-Qur’an) Penelitian Peran Perempuan Dalam Pendidikan Moderasi Beragama: Analisis Isi Periode 2021-2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 6021–6027. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.16901