Mendidik Hati Dalam Pendidikan Islam (Mengupas Ayat Al-Qur’an) Penelitian Peran Perempuan Dalam Pendidikan Moderasi Beragama: Analisis Isi Periode 2021-2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.16901Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penelitian peran perempuan dalam moderasi beragama analisis isi periode 2021-2023. Penelitian ini menggunakan prosedur kuantitatif - analisis isi. Data yang dianalisis adalah 14 artikel jurnal terindeks google cendikia. Hasil temuan pertama, desain penelitian kualitatif kepustakaan mendominasi, yaitu 42%, diikuti kualitatif deskriptif 34%, sementara Fenomenologi, studi kasus, dan analisis isi masing-masing 8%. Temuan kedua, hasil kategori analisis konten, yaitu perempuan berperan menanamkan nilai-nilai moderasi dikeluarga sebagai Ibu dan Istri; di organisasi kepada anggota; sebagai ulama, ustazah/ tokoh agama kepada umat; komunitas kepada anggota komunitas; penggiat media social kepada audien. Adapun tema-tema moderasi beragama yang ditemukan yaitu: Toleransi, anti kekerasan, memiliki nasionalisme, penyetaraan, keadilan, penguatan ketauhidan, Tawassuth (megambil jalan tengah), Tawazun (berkeseimbangan), I'tidal (lurus dan tegas), Tasamuh (toleransi), Musawah (egaliter), Syura (musyawarah), Ishlah (reformasi), Aulawiyah (mendahulukan yang prioritas), athawwir wa Ibtikar (dinamis dan inovatif), Tahadhdhur (berkeadaban), Mencegah tersebarnya ideologi kekerasan, rahmah, santun, kerja sama, aqidah, ibadah, akhlak, perdamaian. Rekomendasi untuk peneliti berikutnya untuk mengeksplorasi peran perempuan dalam moderasi menggunakan desain penelitian Fenomenologi, studi kasus, dan analisis isi.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Ariga, M. S. ., Cucu, C., & Hamzah, N. . (2023). Mendidik Hati Dalam Pendidikan Islam (Mengupas Ayat Al-Qur’an) Penelitian Peran Perempuan Dalam Pendidikan Moderasi Beragama: Analisis Isi Periode 2021-2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 6021–6027. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.16901
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Safari Ariga, Cucu, Nur Hamzah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).