Konsep dan Pengembangan Pendidikan Berbasis Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16547Abstract
Pendidikan luar sekolah tentang pendidikan berbasis masyarakat adalah pendidikan yang dirancang dan diatur oleh masyarakat yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas masyarakat dengan berorientasi pada masa depan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Pendidikan berbasis masyarakat mengutamakan akan kebutuhan masyarakat dan cara memecahkan masalah dengan menggunakan potensi yang ada di lingungan sekitar. Agar dapat dicintai dan diminati oleh masyarakat, pendidkan berbasis masyarakat harus menyediakan apa yang dibutuhkan masyarakat yang tidak bisa didapati dari pendidikan dalam sekolah. Peran pemerintah dalam pendidikan berbasis masyarakat adalah sebagai pengarah, pendamping, fasilitator, pelayang masyarakat, dan sebagai penyedia dana.Downloads
Published
2023-07-14
How to Cite
Aisyah, . A. ., & Rani, A. R. . (2023). Konsep dan Pengembangan Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 14–17. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16547
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Azni Aisyah, Afriza Rahma Rani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).