Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Sudut Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Jam Sudut

Authors

  • Rahmatun Nisa' Universitas Negeri Semarang
  • Fitria Dwi Prasetyaningtyas Universitas Negeri Semarang
  • Dwi Priyani SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16524

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika materi sudut melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media jam sudut pada peserta didik kelas III SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang dilaksanakan oleh Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang, yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas III SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang pada materi sudut setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media jam sudut. Hal ini dibuktikan dengan persentase aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 81,6% dan pada siklus II meningkat sebesar 93,4%. Dimana persentase tersebut sudah berhasil melebihi indikator keberhasilan pada predikat baik (B) yang ditargetkan. Serta adanya ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 67,9%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 89,3%. Dimana ketuntasan tersebut juga telah melebihi indikator keberhasilan 70% yang ditargetkan. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Jam Sudut, Matematika

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Nisa’, R. ., Prasetyaningtyas, F. D., & Priyani, . D. . (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Sudut Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Jam Sudut. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 36–46. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16524