Analisis Kesiapan Guru Kelas Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Di Masa Pandemi Covid-19 di SD Pahlawan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1633Keywords:
Analisis Kesiapan Guru Kelas, pembelajaran TematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik di Masa Pandemi Covid- 19 di kelas Dua Pahalwan Di Desaaa Ridan Permai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dua, siswa kelas dua, dan kepala sekolah. Objek penelitian ini berupa bentuk untuk kesiapan guru kelas dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik di Masa Pandemi Covid- 19. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas dua sudah membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP. Pelaksanaan pembelajaran guru kelas satu sudah menggunakan pendekatan saintifik walau tidak urut 5M dan sudah mengacu kepada rambu-rambu dan prinsip pembelajaran tematik. Guru kelas satu menggunakan penilaian autentik yang menilai aspek sikap dengan observasi, aspek pengetahuan dengan tes tertulis serta penugasan, dan aspek keterampilan dengan unjuk kerja hasil pengamatan observasi yang peneliti lakukan, menemukan beberapa hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran tematik diantaranya dalam penyusunan RPP, karena format RPP kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum yang sebelumnya, kesulitan lain yang dialami oleh guru yakni dalam pelaksanaan proses pembelajaran tematik, dimana pada saat proses pembelajaran yang pada masa Pandemi Covid -19 banyak siswa yang tidak dapat secara keseluruhan mengikuti pembelajaran karna berbagai macam kendala seperti jaringan dari tempat mereka yang susah dapat jaringan dan kendala yang lainReferences
Aditya, N. I. M. (2017). Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menempuh Mata Kuliah Magang 3 di SMK Negeri 9 Surakarta Tahun 2015/2016. Skripsi (Naskah Publikasi). Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah surakarta. UMS Press.
Alma, B., Mulyadi, H. H., Razati, G., dan Nuryati, B. L. (2009). Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar). Bandung: Alfabeta.
Anonim. 2017. Buku Pedoman Magang 3. Surakarta: Laboratorium Microteaching & Magang Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Asril, Z. (2011). Micro Teaching Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan Edisi 1 Cetakan Ketiga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Hasbullah .(2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi).Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Kadir, A, dan Asrohah, H. (2014).Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Malawi, I, dan Kadarwati, A. (2017).Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur: CV AE Media Grafika.
Meleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
M. W. (2010). Kompetensi Guru Sebagai Pendidikan.Jurnal Falasifa. Vol 1, (1),
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yanti Yandri Kusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).