Analisis Kesiapan Guru Kelas Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Di Masa Pandemi Covid-19 di SD Pahlawan

Authors

  • Yanti Yandri Kusuma Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1633

Keywords:

Analisis Kesiapan Guru Kelas, pembelajaran Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik di Masa Pandemi Covid- 19 di kelas Dua Pahalwan Di Desaaa Ridan Permai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dua, siswa kelas dua, dan kepala sekolah. Objek penelitian ini berupa bentuk untuk kesiapan guru kelas dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik di Masa Pandemi Covid- 19. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas dua sudah membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP. Pelaksanaan pembelajaran guru kelas satu sudah menggunakan pendekatan saintifik walau tidak urut 5M dan sudah mengacu kepada rambu-rambu dan prinsip pembelajaran tematik. Guru kelas satu menggunakan penilaian autentik yang menilai aspek sikap dengan observasi, aspek pengetahuan dengan tes tertulis serta penugasan, dan aspek keterampilan dengan unjuk kerja hasil pengamatan observasi yang peneliti lakukan, menemukan beberapa hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran tematik diantaranya dalam penyusunan RPP, karena format RPP kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum yang sebelumnya, kesulitan lain yang dialami oleh guru yakni dalam pelaksanaan proses pembelajaran tematik, dimana pada saat proses pembelajaran yang pada masa Pandemi Covid -19 banyak siswa yang tidak dapat secara keseluruhan mengikuti pembelajaran karna berbagai macam kendala seperti jaringan dari tempat mereka yang susah dapat jaringan dan kendala yang lain

References

Aditya, N. I. M. (2017). Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menempuh Mata Kuliah Magang 3 di SMK Negeri 9 Surakarta Tahun 2015/2016. Skripsi (Naskah Publikasi). Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah surakarta. UMS Press.

Alma, B., Mulyadi, H. H., Razati, G., dan Nuryati, B. L. (2009). Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar). Bandung: Alfabeta.

Anonim. 2017. Buku Pedoman Magang 3. Surakarta: Laboratorium Microteaching & Magang Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Asril, Z. (2011). Micro Teaching Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan Edisi 1 Cetakan Ketiga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Hasbullah .(2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi).Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kadir, A, dan Asrohah, H. (2014).Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Malawi, I, dan Kadarwati, A. (2017).Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur: CV AE Media Grafika.

Meleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

M. W. (2010). Kompetensi Guru Sebagai Pendidikan.Jurnal Falasifa. Vol 1, (1),

Downloads

Published

2021-04-18

How to Cite

Kusuma, Y. Y. (2021). Analisis Kesiapan Guru Kelas Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Di Masa Pandemi Covid-19 di SD Pahlawan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 50–55. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1633

Issue

Section

Articles