Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri 09 Belakang Balok

Authors

  • Mai Sri Lena Universitas Negeri Padang
  • Hana Shilfia Iraqi Universitas Negeri Padang
  • Santi Oktavia Universitas Negeri Padang
  • Annisaul Mutmainnah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15811

Abstract

Maksud dari penelitian yang telah dilakukan adalah untuk menganalisis dampak dari metode diskusi yang dilakukan terhadap minat belajar siswa SD Negeri 09 Belakang Balok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah survei lapangan langsung kepada siswa kelas IV SD Negeri 09 Belakang Balok. Pada penelitian ini, sudah menggunakan analisis berbasis adalah deskriptif kuantitatif, yaitu sesuatu yang akan dipelajari dideskripsikan, diteliti dan dijelaskan sedemikian rupa, dan ditarik kesimpulan tentang fenomena yang dapat diamati dengan menggunakan angka. Instrumen yang digunakan adalah dengan memberikan angket yang berisi pernyataan kepada peserta didik, yang kemudian dijawab oleh siswa sesuai dengan pernyataan dalam angket tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan metode diskusi ini sangat mempengaruhi minat belajar peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Sri Lena, M. ., Iraqi, H. S. ., Oktavia, S. ., & Mutmainnah, A. . (2023). Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri 09 Belakang Balok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 379–383. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15811