Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Siswa Kelas X.IPA 4 MAN 2 Kota Padang

Authors

  • Nuryeni Nuryeni MAN 2 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15615

Abstract

Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas X.IPA 4 MAN 2 Kota Padang dalam mata pelajaran Biologi ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi melalui Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) di Kelas X.IPA 4 MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik  Kelas X.IPA 4  MAN 2 Kota Padang dengan jumlah peserta didik 33 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada semester I (Ganjil)  tahun ajaran 2022/2023 Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi di MAN 2 Kota Padang. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 57.82 (Cukup) meningkat menjadi  85.71  (baik) pada siklus II dengan peningkatan sebesar 27.89.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Nuryeni, N. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Siswa Kelas X.IPA 4 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 320–325. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15615