Telaah Kurikulum Dari Masa Ke Masa:Studi Evaluasi

Authors

  • Ahmad Tarmizi Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sapna Andani Batubara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Masitah Khairani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Eka Anggraini Siagian Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15613

Abstract

Mulai tahun 1945, kurikulum pendidikan nasional menjalani perubahan yang dilaksanakan dalam tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, 2013, dan saat ini pada tahun 2024 akan diterapkan kurikulum Merdeka. Perubahan ini adalah hasil yang tak terhindarkan dari perubahan sistem politik, sosial budaya, ekonomi dan teknologi dalam bernegara dan masyarakat berbangsa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dari waktu ke waktu bagaimana kurikulum dikembangkan lewat proses evaluasi dan mengutip konten dari beberapa jurnal. Penelitian ini mengambil metode penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekata kualitatif. Hasil penelitian evaluasi pengembangan kurikulum di Indonesia merupakan penilaian terhadap dampak positif dan negatif pengembangan kurikulum di Indonesia serta program perubahan kursus sesekali juga efektif.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Hasibuan, A. T. ., Batubara, S. A. ., Khairani, M. ., & Siagian, E. A. . (2023). Telaah Kurikulum Dari Masa Ke Masa:Studi Evaluasi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 313–319. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15613