Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam Di Brunei Darussalam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.15513Abstract
Brunei merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang paling kaya dan potensi Sumber Daya Alam yang melimpah. Potensi itu belum sepenuhnya dimanfaatkan untuk dunia pendidikan. Kurikulum merupakan hal yang sangat penting bagi berjalannya sistem pendidikan dalam sebuah negara atau pemerintahan. Artikel ini mencoba membahas tentang sejauh mana kebijakan pemerintah Brunei terhadap Kurikulum Pendidikan Islam dan implikasinya bagi kemajuan pendidikan di Brunei Darusalam. Penulisan ini menggunakan metode literature review yang berusaha menceritakan tentang ulasan, rangkuman dan pemikiran tulisan dari berbagai sumber kepustakaan. Penulis menyimpulkan bahwa Kebijakan Pemerintah Brunei Darusalam terhadap Kurikulum Pendidikan Islam harus berpatokan dan berlandaskan pada 3 (Tiga) bidang utama berlaku di Brunei Darusalam yaitu sistem dwi bahasa di semua sekolah, konsep Melayu Islam Beraja (MIB) dalam kurikulum sekolah dan peningkatan serta pengembangan sumber daya manusia termasuk pendidikan vokasi (Kejuruan). Penulis juga menginventarsir Sistem Kurikulum pendidikan di Brunei yang dimulai dari Dasar Pendidikan 1954, Dasar Pendidikan Negara 1962, Dasar Pendidikan 1972 dan Dasar Dwibahasa 1984, Dasar Pendidikan 2002 dan Sistem Pendidikan Negara Abad ke- 21 atau SPN21 2009 yang menjadi pijakan utama dalam pengelolaan Pendidikan Islam di Brunei Darusalam menuju sistem yang unggul dan terintegrasi. Penulis juga menyimpukan bahwa Pemerintah Brunei harus mampu mengoptimalkan potensi sumber daya alam dan pendanaan yang melimpah untuk bisa mengelola dan mengembangkan kurikulum pendidikan Islam menjadi lebih baik lagi. Selain itu, Komitmen dan political will dari pemerintah Brunei Darusalam juga harus menjadi perhatian dalam pengelolaan kurikulum pendidikan islam dan pendidikan Islam secara umum di Brunei Darusalam.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Darsyah, S. . (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam Di Brunei Darussalam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5942–5950. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.15513
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Syukron Darsyah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).