Peningkatan Hasil Belajar Transformasi Geometri Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Metode Role Playing Kelas XI APL 1 SMKN 2 Pekanbaru

Authors

  • Elva Susanti SMKN 2 Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15117

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  hasil belajar mata pelajaran matematika  dengan  merapkan metode Role Playing. Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan metode role Playing   dapat meningkatkan  hasil belajar Matematika siswa Kelas XI APL I SMKN 2 Pekanbaru. Penelitian ini diterapkan di SMKN 2 Pekanbaru, di Kelas XI APL I, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun  2022 pada semester ganjil. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI APLI  sebanyak 34 orang siswa.  Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indicator  hasil belajar. Hasil penelitian pada bab Transformasi  yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Role Playing dapat meningkatkan   hasil belajar matematika siswa Kelas XI APL I SMKN 2 Pekanbaru mata pelajaran matematika pada pokok bahasan transformasi meningkatkan hasil belajar matematika. Setelah dilakukan tindakan nilai rata-rata dari skor dasar 65, pada siklus I rata-rata 20.6 % yang tuntas  dan pada siklus II nilai rata-rata 94.1 % yang tuntas  sehingga dilihat adanya kenaikan nilai yang signifikan dan semua siswa sebanyak 32 orang tuntas karena nilai hasil belajarnya di atas nilai KKM, hanya 2 orang siswa yang masih remedial. 

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Susanti, E. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Transformasi Geometri Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Metode Role Playing Kelas XI APL 1 SMKN 2 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 243–247. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15117