Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pada SDN Roja 1

Authors

  • Jamilah H. Ali SDN Roja 1

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14972

Abstract

Melalui kegiatan supervisi kepala sekolah dapat memberikan bimbingan, motivasi dan bantuan teknis kepada guru yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapatmeningkatkan profesional guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan supervise yang meliputi program, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala SDN Roja 1. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan pengawas. Data dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penyusunan program supervisi dilakukan pada setiap awal tahun , 2) Supervisi dilaksanakan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan oleh tim pelaksana supervisi. 3) Evaluasi supervisi dilaksanakan padasetiap akhir semester, 4) Faktor pendukung pelaksanaan supervisi adalah guru menanggapi secara positif tentang pelaksanaan supervisi, terjalinnya hubungan yang baik antara guru dengan guru dan kepala sekolah dengan guru dan timbulnya kesadaran guru untuk meningkatkan kemampuannya. Sedangkan hambatan-hambatannyaadalah adanya guru yang tidak hadir waktu pelaksanaan supervisi yang disebabkan karenasakit, izin dan mengikuti pelatihan, adanya guru yang gugup ketika dilakukan supervisi dankesibukan kepala sekolah dan guru.Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah dan Profesional Guru.

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

H. Ali, J. . (2023). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pada SDN Roja 1. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 201–207. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14972